Tuesday, September 26, 2006

kehabisan energi



Pernah melihat sumur?
Sumur yg bener2 sumur, yg punya kerekan timba dan ada bibir sumurnya?
Bukan sumur yg ada sekarang ini. Emang sekarang masih ada sumur?
Gak tau jg ya. Yg saya tau sumur adalah lubang yg sangat dalam yg sengaja dibikin oleh manusia untuk mengambil air dari dalamnya. Di tepi2 sumur dibikin bibir sumur, yg berupa tembok berbentuk lingkaran, menghindari supaya tidak ada orang yg terperosok masuk ke dalamnya. Ada kerekan, tali dan timba utk mengambil air dari lobang yg sangat dalam tadi.

Pernah terpikir sumur yg menjadi kering kehabisan air?
Kalo yg belum pernah tau tentang sumur, tentu saja akan susah sekali utk membayangkannya. Tapi yg sudah tau ttg sumur, tentu saja akan dengan mudah tergambar di pikirannya, bahwa dasar sumur yg biasanya belimpah air, menjadi kering tidak ada air sama sekali. Yg ada di kedalaman sana adalah pasir atau tanah. Lama kelamaan kl sumur itu tidak juga keluar air, akan ada sarang laba2 di sepanjang tepian galian sumur yg sangat dalam. Akan ada juga kesunyian di sana. Suasana yg angker. Karena menurut orang2 tua jaman dulu, sumur yg sudah kering dan tidak mengeluarkan air, sering menjadi tempat tinggal hantu. Hiii serem.

Bagaimana sumur itu bisa menjadi kering?
Nothing lasts forever. Bisa jadi karena musim kemarau yg sangat panjang, yg akhirnya menyebabkan sumur menjadi kering, karena sumber air di dasarnya telah mati. Bisa jadi sumber air yg di dalam tadi, tersedot oleh aliran air di kedalaman yg lebih dalam lagi, sehingga sumur yg mempunyai kedalaman yg dangkal, tidak mampu menahan air utk tetap stand by di kedalaman yg dangkal tadi. Orang2pun akan berupaya utk membuat sumur menjadi berlimpahan air lagi. Bisa dengan jalan memperdalam lobang sumur menjadi dalam sekali, sampai sumber air yg sejati diketemukan. Tapi kalo ternyata setelah diperdalam sampe batas maksimal tidak juga ditemukan sumber air, apa yg terjadi?
Yg terjadi adalah kekeringan. Sudah tidak ada daya upaya lagi yg bisa dilakukan utk bs memperbaiki keadaan.

Begitu juga dengan ide.

2 Komentar:

Pada 27 September, 2006, Anonymous Anonymous berkata...

"rileks pren, rileks.... kering ide... tinggal diguyur pakai ide... selesai"

 
Pada 27 September, 2006, Anonymous Anonymous berkata...

"ssttt...
nunggu buka puasa dulu mbah..."

 

Post a Comment

<< Home